Google+ Followers

Thursday, October 29, 2015

RPP kelas XII PKN K 13


 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 

Sekolah:
SMK NEGERI 2 BONDOWOSO
Mata pelajaran:
PPKn
Kelas/Semester:
XII/I
Alokasi Waktu:
8 X 45 Menit (4 X Pertemuan)

A.    Kompetensi Inti (KI)
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
 2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
 3. Memahami,menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural,    metakognitif  berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan,  teknologi, seni, budaya,     dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait  penyebab fenomena dan  kejadian, serta  menerapkan  pengetahuan  prosedural pada  bidang kajian    yang spesifik sesuai dengan bakat dan  minatnya untuk  memecahkan masalah
 4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar
1.4.Menghargai karakter  berakhlak mulia dalam  memperkuat komitmen  negara kesatuan
 2.3.Mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
3.3. Menganalisis dinamika pengelolaan kekuasaan negara di pusat dan daerah berdasarkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam mewujudkan tujuan negara 
4.7. Menyaji hasil analisis dinamika pengelolaan kekuasaan negara di pusat dan daerah berdasarkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam mewujudkan tujuan federal.

C.       Indikator Pencapaian Kompetensi*)
1.4.1. Menunjukkan sikap Berserah diri (tawakal) kepada Tuhan setelah berikhtiar atau melakukan usaha
1.4.2. Menjaga lingkungan hidup di sekitar rumah tempat tinggal, sekolah dan masyarakat sesuai dengan ajaran agama.
           1.4.3. Memelihara hubungan baik dengan sesama umat beragama yang berbeda-beda.
            2.3.1. Menunjukkan perilaku gotong royong dalam proses pembelajaran.
            2.3.2. Menunjukkan perilaku toleransi dalam proses pembelajaran.
            2.3.3. Menunjukkan perilaku damai dalam proses pembelajaran.
            3.3.1 Menganalisis tujuan Negara Republik Indonesia
3.3.2 Menelaah struktur kekuasaan pemerintah Pusat menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
            3.3.3 Menganalisis tugas dan wewenang pemerintah pusat
            3.3.4 Menganalisis perbedaan suprastruktur politik dengan infra struktur politik
            3.3.5 Menyelidiki peran pemerintah pusat dalam mewujudkan tujuan Negara
3.3.6 Menelaah mekanisme penyelenggaraan pemerintahan daerah menurutUndang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3.3.7 Mengemukakan peran pemerintah daerah dalam mewujdkan tujan Negara
3.3.8 Menganalisis pola hubungan pemerintah provinsi dengan pemerintah kabupaten
3.3.9 Menganalisis pola hubungan pemerintah pusat dengan pemerintah provinsi dan kabupaten
3.3.10 Menyimpulkan mekanisme pembagian kekuasaan pemerintah pusat dan daerah
4.3.1 Menyusun hasil analisis dinamika pengelolaan kekuasaan Negara di tingkat pusat dan daerahberdasarkan UUD Negara RI Tahun 1945
4.3.2  Menyaji hasil analisis dinamika pengelolaan kekuasaan pemerintahan tingkat pusat dan daerah menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

D.                     Materi Pembelajaran
1. Tujuan Negara Republik Indonesia
a. Teori tujuan negara
b. Rumusan tujuan Negara Republik Indonesia

2.    Pengelolaan kekuasaan Negara di tingkat pusat menurut Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945
a. Lembaga-lembaga pemegang kekuasaan negara
b. Peran pemerintah pusat dalam mewujudkan tujuan Negara

3. Pengelolaan Kekuasaan Negara di Daerah Menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
a. Perkembangan penyelanggaraan pemerintahan daerah di Indonesia
b. Peran pemerintah daerah dalam mewujudkan tujuan Negara
4.Pembagian Urusan Pemerintahan





  
A.    Kegiatan Pembelajaran
1.      Pertemuan Pertama: (2 JP)
Langkah Pembelajaran
Sintak Model Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan










































Stimulasi/Pemberian rangsangan











Mengidentifikasi Masalah










Data collection (pengumpulan data)














Verifikasi























Generalisasi
1) Guru mengucapkan salam, ucapan syukur dan mempersiapkan  kelas agar lebih kondusif dan menyenangkan untuk proses belajar-mengajar;  kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi (kehadiran,  agenda kegiatan), menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan.
  2)  Guru dan peserta didik mendiskusikan  kompetensi yang telah dipelajari dan dikembangkan pada pertemuan sebelumnya.
3) Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
4) Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
15 Menit
Kegiatan Inti **)


-       Mengamati
-    Guru menyampaikan informasi awal terkait dengan tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia
dan menampilkan Video terkait pelaksanaan tujuan negara atau membimbing siswa melakukan pengamatan Gambar 3.1 pada bab 3 Sub-bab A
-    Siswa mengamati pembangunan infra sturktur yang telah dilaksanakan oleh pemerintah
-    Siswa diharapkan mendengar dan menyimak informasi awal  dari guru

-       Menanya
-    Guru menayangkan video atau gambar untuk memotivasi siswa untuk memberikan pertanyaan seputar gambar dan memberi kesempatan pada siswa untuk mengidentifikasi berbagai masalah terkait materi yang akan dibahas lebih lanjut
-    Siswa diharapkan dapat  menyampaikan pertanyaan berkaitan dengan gambar yang telah diamati tentang proses proses pelaksanaan tujuan negara yang telah dicapai samapai saat ini
-    Siswa diharapkan menyampaikan pendapat setelah menyimak informasi awal  dari guru

-       Mengumpulkan informasi / mencoba
- Guru menyiapkan berbagai informasi melalui berbagai literatur dan memberikan rekomendasi siswa untuk membuka situs yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar/informasi
Materi buku siswa hal. 71-75 dan beberapa refrensi yang telah disiapkan atau direkomendasikan

-     Menalar/mengasosiasi
-    Guru memberikan informasi atau penjelasan tentang rumusan tujuan NKRI
-    Peserta didik bersama kelompok mengolah informasi dengan mengidentifikasi serta menyusun menganalisis data dari berbagai sumber tentang  rumusan tujuan NKRI .Peserta didik berpasangan melakukan verifikasi berbagai rumusan tujuan NKRI
-    Guru rumusan tujuan NKRI yang terdapat pada pembukaan UUD 1945
-    Peserta didik melakukan verifikasi berbagai pencapaian tujuan NKRI yang telah dilaksanakan pemerintah dan seluruh komponen bangsa

-    Guru memberikan penekanan atau penguatan materi

-    Peserta didik menyusun kesimpulan untuk laporan dari hasil analisisnya dengan kelompok

-     Mengomunikasikan
-     Guru membimbing siswa untuk menyusun laporan dan disajikan dalam bentuk tulisan secara mandiri dan kelompok
-    Peserta didik melaporkan secara tertulis dan mempresentasikan laporan dengan kelompoknya dipilih secara acak

60 Menit


Kegiatan Penutup
1) Guru dan peserta didik menyimpulkan  materi yang telah dibahas pada pertemuan ini.
2) Guru  melakukan  refleksi dengan  peserta  didik    atas  manfaat  yang diperolah dalam proses pembelajaran, manfaat materi pembelajaran dan sikap serta tindakan yang akan dilakukan.
3) Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil tugas kelompok.
4) Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk mengerjakan Tugas Mandiri pada hal 75  dan membaca materi pada sub bab selanjutnya.
5) Guru dan peserta didik menutup kegiatan dengan mengucapkan  rasa syukur kepada Tuhan YME bahwa pertemuan kali ini telah berlangsung dengan baik dan lancar.

15 Menit





































2.      Pertemuan Kedua: ( 2 JP)

Langkah Pembelajaran
Sintak Model Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan






































Stimulasi/Pemberian rangsangan









Mengidentifikasi Masalah










Data collection (pengumpulan data)














Verifikasi























Generalisasi
1) Guru mengucapkan salam, ucapan syukur dan mempersiapkan  kelas agar lebih kondusif dan menyenangkan untuk proses belajar-mengajar;  kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi (kehadiran,  agenda kegiatan), menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan.
  2)  Guru dan peserta didik mendiskusikan  kompetensi yang telah dipelajari dan dikembangkan pada pertemuan sebelumnya.
3) Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
4) Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
15 Menit
Kegiatan Inti **)


-       Mengamati
-    Guru menyampaikan informasi awal terkait dengan Lembaga-lembaga Pemegang Kekuasaan Negara
dan menampilkan bagan struktur kenegaraan siswa melakukan pengamatan bagan 2.1 pada bab 3 Sub-bab B
-    Siswa mengamati bagan struktur lembaga negara
-    Siswa diharapkan mendengar dan menyimak informasi awal  dari guru

-       Menanya
-    Guru menyajikan bagan dan beberapa pasal terkait lembaga-lembaga negara untuk memotivasi siswa untuk memberikan pertanyaan seputar gambar dan memberi kesempatan pada siswa untuk mengidentifikasi berbagai masalah terkait materi yang akan dibahas lebih lanjut
-    Siswa diharapkan dapat  menyampaikan pertanyaan berkaitan dengan gambar yang telah diamati tentang Pegelolaan kekuasaan Negara di Tingkat pusat dan daerah
-    Siswa diharapkan menyampaikan pendapat setelah menyimak informasi awal  dari guru

-       Mengumpulkan informasi / mencoba
- Guru menyiapkan berbagai informasi melalui berbagai literatur dan memberikan rekomendasi siswa untuk membuka situs yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar/informasi
Materi buku siswa hal. 76-86 dan beberapa refrensi yang telah disiapkan atau direkomendasikan

-     Menalar/mengasosiasi
-    Guru memberikan informasi atau penjelasan peran pemerintah pusat dalam mewujudkan tujuan NKRI
-    Peserta didik bersama kelompok mengolah informasi dengan mengidentifikasi serta menyusun menganalisis data dari berbagai sumber tentang  peran pemerintah pusat dalam mewujudkan tujuan NKRI .Peserta didik berpasangan melakukan verifikasi berbagai rumusan tujuan NKRI
-    Guru membimbing siswa mengidentifikasi dan verifikasi peran pemerintah pusat dalam mewujudkan tujuan NKRI
-    -Peserta didik melakukan verifikasi berbagai peran pemerintah pusat dalam mewujudkan tujuan NKRI

-    Guru memberikan penekanan atau penguatan materi

-    Peserta didik menyusun kesimpulan untuk laporan dari hasil analisisnya dengan kelompok

-     Mengomunikasikan
-     Guru membimbing siswa untuk menyusun laporan dan disajikan dalam bentuk tulisan secara mandiri dan kelompok
-    Peserta didik melaporkan secara tertulis dan mempresentasikan laporan dengan kelompoknya dipilih secara acak

60 Menit

Kegiatan Penutup

1) Guru dan peserta didik menyimpulkan  materi yang telah dibahas pada pertemuan ini.
2) Guru  melakukan  refleksi dengan  peserta  didik    atas  manfaat  yang diperolah dalam proses pembelajaran, manfaat materi pembelajaran dan sikap serta tindakan yang akan dilakukan.
3) Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil tugas kelompok.
4) Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk mengerjakan Tugas Kelompok pada hal 85  dan membaca materi pada sub bab selanjutnya.
5) Guru dan peserta didik menutup kegiatan dengan mengucapkan  rasa syukur kepada Tuhan YME bahwa pertemuan kali ini telah berlangsung dengan baik dan lancar.

15 Menit
           

            Pertemuan ketiga
Langkah Pembelajaran
Sintak Model Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan










































Stimulasi/Pemberian rangsangan











Mengidentifikasi Masalah










Data collection (pengumpulan data)














Verifikasi























Generalisasi
1) Guru mengucapkan salam, ucapan syukur dan mempersiapkan  kelas agar lebih kondusif dan menyenangkan untuk proses belajar-mengajar;  kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi (kehadiran,  agenda kegiatan), menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan.
  2)  Guru dan peserta didik mendiskusikan  kompetensi yang telah dipelajari dan dikembangkan pada pertemuan sebelumnya.
3) Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
4) Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
15 Menit
Kegiatan Inti **)


-       Mengamati
-    Guru menyampaikan informasi awal terkait dengan tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia
dan menampilkan Video terkait Perkembangan Penyelenggaraan Pemerintah daerah di Indonesia pengamatan Gambar 3.3 pada bab 3 Sub-bab C
-    Siswa mengamati perkembangan enyelenggaraan pemerintah daerah di Indonesia
-    Siswa diharapkan mendengar dan menyimak informasi awal  dari guru

-       Menanya
-    Guru menayangkan video atau gambar untuk memotivasi siswa untuk memberikan pertanyaan seputar gambar dan memberi kesempatan pada siswa untuk mengidentifikasi berbagai masalah terkait materi yang akan dibahas lebih lanjut
-    Siswa diharapkan dapat  menyampaikan pertanyaan berkaitan dengan gambar yang telah diamati tentang perkembangan susunan Pemerintah daerah di Indonesia sesuai dengan UU yang berlaku
-    Siswa diharapkan menyampaikan pendapat setelah menyimak informasi awal  dari guru

-       Mengumpulkan informasi / mencoba
- Guru menyiapkan berbagai informasi melalui berbagai literatur dan memberikan rekomendasi siswa untuk membuka situs yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar/informasi
Materi buku siswa hal. 86-95 dan beberapa refrensi yang telah disiapkan atau direkomendasikan

-     Menalar/mengasosiasi
-    Guru memberikan informasi atau penjelasan tentang perkembangan susunan Pemerintah daerah di Indonesia
-    Peserta didik bersama kelompok mengolah informasi dengan mengidentifikasi serta menyusun menganalisis data dari berbagai sumber tentang  perkembangan susunan Pemerintah daerah di Indonesia .Peserta didik berpasangan melakukan verifikasi berbagai perkembangan susunan Pemerintah daerah di Indonesia
-    Guru membimbing siswa menganalisis perkembangan susunan Pemerintah daerah di Indonesia
-    Peserta didik melakukan verifikasi berbagai pencapaian perkembangan susunan Pemerintah daerah di Indonesia

-    Guru memberikan penekanan atau penguatan materi

-    Peserta didik menyusun kesimpulan untuk laporan dari hasil analisisnya dengan kelompok

-     Mengomunikasikan
-     Guru membimbing siswa untuk menyusun laporan dan disajikan dalam bentuk tulisan secara mandiri dan kelompok
-    Peserta didik melaporkan secara tertulis dan mempresentasikan laporan dengan kelompoknya dipilih secara acak

60 Menit



Kegiatan Penutup

1) Guru dan peserta didik menyimpulkan  materi yang telah dibahas pada pertemuan ini.
2) Guru  melakukan  refleksi dengan  peserta  didik    atas  manfaat  yang diperolah dalam proses pembelajaran, manfaat materi pembelajaran dan sikap serta tindakan yang akan dilakukan.
3) Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil tugas kelompok.
4) Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk mengerjakan Tugas Mandiri pada hal 95 dan 97  dan membaca materi pada sub bab selanjutnya.
5) Guru dan peserta didik menutup kegiatan dengan mengucapkan  rasa syukur kepada Tuhan YME bahwa pertemuan kali ini telah berlangsung dengan baik dan lancar.

15 Menit


Pertemuan keempat
Langkah Pembelajaran
Sintak Model Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan










































Stimulasi/Pemberian rangsangan











Mengidentifikasi Masalah










Data collection (pengumpulan data)














Verifikasi























Generalisasi
1) Guru mengucapkan salam, ucapan syukur dan mempersiapkan  kelas agar lebih kondusif dan menyenangkan untuk proses belajar-mengajar;  kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi (kehadiran,  agenda kegiatan), menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan.
  2)  Guru dan peserta didik mendiskusikan  kompetensi yang telah dipelajari dan dikembangkan pada pertemuan sebelumnya.
3) Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
4) Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
15 Menit
Kegiatan Inti **)


-       Mengamati
-    Guru menyampaikan informasi awal terkait dengan tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia
dan menampilkan Video terkait pembangunan Urusan pemerintah atau membimbing siswa melakukan pengamatan Tabel 3.2 pada bab 3 Sub-bab D
-    Siswa mengamati tugas pemerintah daerah sesuai dengan UU yang berlaku
-    Siswa diharapkan mendengar dan menyimak informasi awal  dari guru

-       Menanya
-    Guru menayangkan video atau gambar untuk memotivasi siswa untuk memberikan pertanyaan seputar gambar dan memberi kesempatan pada siswa untuk mengidentifikasi berbagai masalah terkait materi yang akan dibahas lebih lanjut
-    Siswa diharapkan dapat  menyampaikan pertanyaan berkaitan dengan gambar yang telah diamati tentang proses proses pelaksanaan tujuan negara yang telah dicapai samapai saat ini
-    Siswa diharapkan menyampaikan pendapat setelah menyimak informasi awal  dari guru

-       Mengumpulkan informasi / mencoba
- Guru menyiapkan berbagai informasi melalui berbagai literatur dan memberikan rekomendasi siswa untuk membuka situs yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar/informasi
Materi buku siswa hal. 96-103 dan beberapa refrensi yang telah disiapkan atau direkomendasikan

-     Menalar/mengasosiasi
-    Guru memberikan informasi atau penjelasan tentang tugas pemerintah daerah sesuai dengan UU
-    Peserta didik bersama kelompok mengolah informasi dengan mengidentifikasi serta menyusun menganalisis data dari berbagai sumber tentang  tugas pemerintah daerah sesuai dengan UU.Peserta didik berpasangan melakukan verifikasi berbagai tugas pemerintah daerah sesuai dengan UU
-    Guru membimbing siswa menganalisis r tugas pemerintah daerah sesuai dengan UU
-    Peserta didik melakukan verifikasi berbagai tugas pemerintah daerah sesuai dengan UU sesuai tugas kelompok 3.3

-    Guru memberikan penekanan atau penguatan materi

-    Peserta didik menyusun kesimpulan untuk laporan dari hasil analisisnya dengan kelompok

-     Mengomunikasikan
-     Guru membimbing siswa untuk menyusun laporan dan disajikan dalam bentuk tulisan secara mandiri dan kelompok
-    Peserta didik melaporkan secara tertulis dan mempresentasikan laporan dengan kelompoknya dipilih secara acak

60 Menit
Kegiatan Penutup
1) Guru dan peserta didik menyimpulkan  materi yang telah dibahas pada pertemuan ini.
2) Guru  melakukan  refleksi dengan  peserta  didik    atas  manfaat  yang diperolah dalam proses pembelajaran, manfaat materi pembelajaran dan sikap serta tindakan yang akan dilakukan.
3) Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil tugas kelompok.
4) Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk melakukan refleksi pembelajaran sesuai dengn hal 103 dan membimbing siswa melakukan penilaian diri serta melakukan proyek kewarganegaraan sesuai hal 105 dan 107
5) Guru dan peserta didik menutup kegiatan dengan mengucapkan  rasa syukur kepada Tuhan YME bahwa pertemuan kali ini telah berlangsung dengan baik dan lancar.

15 Menit


B.            Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
Penilaian dilakukan selama kegiatan pembelajaran yaitu penilaian sikap dan pengetahuan
2. Instrumen Penilaian
Instrumen Penilaian Sikap dan Pengetahuan pada pertemuam pertama dan kedua terlampir
3. Kunci dan Pedoman Penskoran
Pedoman Penskoran dan Kunci Jawaban terlampir
C.            Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.    Media/Alat
-          Powerpoint
-          LCD
2.    Sumber Belajar
-          Buku siswa kelas XII hal 202 s.d. 226 Penerbit Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
-          UUD 1945
-          Internet www.google.com, id.wikipedia.org, id.answers.yahoo.com
-          Internet dyahrembulan.blogspot.com/great generation






No comments:

Post a Comment