Tuesday, April 7, 2015

RPP Kelas XII semester 2 PKN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


I.                     IDENTITAS
Nama Sekolah                           :     SMK Negeri 2 BONDOWOSO
Mata Pelajaran                           :     PKn
Materi Pokok                             :     Peranan Pers
Kelas/Semester                          :     XII/2
Pertemuan Minggu ke               :     1 dan 2
Alokasi Waktu                           :     4 x 45 (4 jam pelajaran)

II.                  STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
         1.      Standar Kompetensi
                  3. Mengevaluasi peranan pers dalam masyarakat demokrasi
         2.      Kompetensi Dasar
                  3.1. Mendeskripsikan pengertian, fungsi dan peran serta perkembangan pers di Indonesia
III.               INDIKATOR
1.      Menguraikan pengertian, fungsi pers dalam masyarakat yang demokratis
2.      Mendeskripsikan perkembangan pers di Indonesia
3.      Menguraikan peranan pers dalam masyarakat demokratis
IV.               Tujuan Pembelajaran
1.    Dengan aktif berdiskusi diharapkan siswa mampu menganalisis pengertian Pers
2.    Dengan aktif berdiskusi diharapkan siswa mampu menganalisis fungsi Pers
3.    Dengan aktif berdiskusi diharapkan siswa mampu menganalisis peranan Pers pada masa sebelum dan sesudah kemerdekaan RI
4.    Dengan aktif berdiskusi diharapkan siswa mampu menganalisis peranan Pers dalam
5.    Dengan aktif berdiskusi diharapkan siswa mampu menganalisis perkembangan Pers dan manfaatnya saat ini




V.      STRATEGI PEMBELAJARAN
         Pendekatan : Kooperatif Learning
         Metode       :  Diskusi, tanya jawab

VI.   Langkah-langkah Pembelajaran
         Pertemuan Pertama
No.
Kegiatan Belajar
Waktu (Menit)
Aspek lifeskill yang dikembangkan
1.
Pendahuluan
·         Memberikan salam siswa
·         Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
·         Menyampaikan Metode pembelajaran yang akan dilakukan pada kegiatan pemeblajaran
10
-  Disiplin
-  Religius

2.
Kegiatan Inti
-  Menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
-  Penjelasan tentang materi Fungsi dan perkembangan Peranan Pers di Indonesia
-  Guru membentuk tim/kelompok diskusi yang masing-masing terdiri dari 5 orang
-  Setiap kelompok mendapat tugas yang berbeda
-  Guru dengan aktif membimbing siswa dalam melaksanakan diskusi dan mengamati sikap serta kemampuan siswa dalam bekerja sama dan menganalisis tugas yang diberikan pada tiap kelompok
-  Siswa menyampaikan hasil diskusi
-  Guru dengan aktif membimbing siswa untuk menemukan kesimpulan

-  Kerja sama
-  Kesungguhan
-  Disiplin
-  Aktif
-  Kreatif


3.
Penutup
-        Guru bersama siswa menyimpulkan hasil dan manfaat pembelajaran
-  Guru menyampaikan informasi tentang materi/pembahasan pada pertemuan berikutnya
-  Evaluasi/Tanya jawab
-  Penenangan/ berdo’a
10’
-  Pengendalian diri





Pertemuan Kedua
No.
Kegiatan Belajar
Waktu (Menit)
Aspek lifeskill yang dikembangkan
1.
Pendahuluan
·         Memberikan salam siswa
·         Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
·         Menyampaikan Metode pembelajaran yang akan dilakukan pada kegiatan pembelajaran
10
-  Disiplin
-  Religius

2.
Kegiatan Inti
-  Menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
-  Penjelasan tentang materi lanjutan Peranan Pers dalam masyarakat demokratis
-  Guru membentuk tim/kelompok diskusi yang masing-masing terdiri dari 5 orang
-  Setiap kelompok menyampaikan hasil belajar minggu yang lalu
-  Guru dengan aktif membimbing siswa dalam melaksanakan presentasi
-  Masing –masing kelompok aktif bertanya jawab tentang hasil presentasi kelompok yang lain
-  Guru dengan aktif melakukan konfirmasi dan membimbing siswa untuk menemukan kesimpulan
70
-  Kerja sama
-  Kesungguhan
-  Disiplin
-  Aktif
-  Kreatif


3.
Penutup
-        Guru bersama siswa menyimpulkan hasil dan manfaat pembelajaran
-  Guru menyampaikan informasi tentang materi/pembahasan pada pertemuan berikutnya
-  Evaluasi/Tanya jawab
-  Penenangan/ berdo’a
10’
-  Pengendalian diri





VII.              PERANGKAT PEMBELAJARAN
         1.      Buku Paket PKn Kelas XII
         2.      UUD 1945 yang Telah Diamandemen
         3.      Buku-Buku Sumber yang Relevan
         4.      Lembar Kerja Siswa

VIII. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
         1.      Penilaian Kognitif
         2.      Penilaian Afektif


Mengetahui                                                                   Bondowoso, 7 Januari 2014
Kepala SMKN 2 Bondowoso                                         Guru Mata Pelajaran





Drs, Faturrahman, M.MPd                                          Dyah Rembulansari, S.Pd
NIP. 19620202 199303 1 012                                     NIP. 19780917 200902 2 001


















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


I.             IDENTITAS

Nama Sekolah                               :     SMK Negeri 2 BONDOWOSO
Mata Pelajaran                              :     PKn
Materi Pokok                                :     Kode Etik Jurnalistik
Kelas/semester                              :     XII/2
Pertemuan Minggu ke                   :     3 dan 4
Alokasi Waktu                              :     4 x 45 (4 jam pelajaran)

II.          STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
         1.      Standar Kompetensi
                  1. Mengevaluasi peranan pers dalam masyarakat demokrasi
         2.      Kompetensi Dasar
                  1.2. Menganalisis pers yang bebas dan bertanggungjawab sesuai kode etik jurnalistik dalam masyarakat Indonesia

III.       INDIKATOR
1.                  Menguraikan pengertian kode etik jurnalistik
2.                  Menganalisis kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokratis di Indonesia
3.                  Menunjukkan contoh-contoh penyimpangan kode etik jurnalistik dari berbagai media
4.                  Menguraikan upaya pemerintah dalam mengendalikan kebebasan pers

IV.       Tujuan Pembelajaran
1.      Dengan aktif berdiskusi diharapkan siswa mampu menganalisis pengertian kode etik jurnalistik
2.      Dengan aktif berdiskusi diharapkan siswa mampu menganalisis kode etik jurnalistik masyarakat demokratis di Indonesia

3.      Dengan aktif berdiskusi diharapkan siswa mampu menganalisis berbagai penyimpangan pers
4.      Dengan aktif berdiskusi diharapkan siswa mampu menjelaskan upaya pemerintah dalam mengendalikan kebebasan pers

V.          STRATEGI PEMBELAJARAN
       Pendekatan : Kooperatif Learning
       Metode       :  Diskusi, tanya jawab
IV.       Langkah-langkah pembelajaran
         Pertemuan Pertama
No.
Kegiatan Belajar
Waktu (Menit)
Aspek lifeskill yang dikembangkan
1.
Pendahuluan
1.Memberikan salam siswa
2.Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
3.Menyampaikan Metode pembelajaran yang akan dilakukan pada kegiatan pemeblajaran
10
-  Disiplin
-  Religius

2.
Kegiatan Inti
-  Menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
-  Penjelasan tentang materi kode etik jurnalistik
-  Guru membentuk tim/kelompok diskusi yang masing-masing terdiri dari 5 orang
-  Setiap kelompok mendapat tugas yang berbeda
-  Guru dengan aktif membimbing siswa dalam melaksanakan diskusi dan mengamati sikap serta kemampuan siswa dalam bekerja sama dan menganalisis tugas yang diberikan pada tiap kelompok
-  Siswa menyampaikan hasil diskusi
-  Guru dengan aktif membimbing siswa untuk menemukan kesimpulan


70’
-  Kerja sama
-  Kesungguhan
-  Disiplin
-  Aktif
-  Kreatif


3.
Penutup
-        Guru bersama siswa menyimpulkan hasil dan manfaat pembelajaran
-  Guru menyampaikan informasi tentang materi/pembahasan pada pertemuan berikutnya
-  Evaluasi/Tanya jawab
-  Penenangan/ berdo’a
10’
-  Pengendalian diri










Pertemuan Kedua
No.
Kegiatan Belajar
Waktu (Menit)
Aspek lifeskill yang dikembangkan
1.
Pendahuluan
1.      Memberikan salam siswa
2.      Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
3.      Menyampaikan Metode pembelajaran yang akan dilakukan pada kegiatan pemeblajaran
10
-  Disiplin
-  Religius

2.
Kegiatan Inti
-  Menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
-  Penjelasan tentang materi lanjutan kode etik jurnalistik
-  Guru membentuk tim/kelompok diskusi yang masing-masing terdiri dari 5 orang
-  Setiap kelompok menyampaikan hasil belajar minggu yang lalu
-  Guru dengan aktif membimbing siswa dalam melaksanakan presentasi
-  Masing –masing kelompok aktif bertanya jawab tentang hasil presentasi kelompok yang lain
-  Guru dengan aktif melakukan konfirmasi dan membimbing siswa untuk menemukan kesimpulan
70
-  Kerja sama
-  Kesungguhan
-  Disiplin
-  Aktif
-  Kreatif


3.
Penutup
-        Guru bersama siswa menyimpulkan hasil dan manfaat pembelajaran
-  Guru menyampaikan informasi tentang materi/pembahasan pada pertemuan berikutnya
-  Evaluasi/Tanya jawab
-  Penenangan/ berdo’a
10’
-  Pengendalian diri


V.     PERANGKAT PEMBELAJARAN
         1.      Buku Paket PKn Kelas XII
         2.      UUD 1945 yang Telah Diamandemen
         3.      Buku-Buku Sumber yang Relevan
         4.      Lembar Kerja Siswa

VI.    PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
         1.      Penilaian Kognitif
         2.      Penilaian Afektif


Mengetahui                                                                   Bondowoso, 7 Januari 2014
Kepala SMKN 2 Bondowoso                                         Guru Mata Pelajaran





Drs, Faturrahman, M.MPd                                          Dyah Rembulansari, S.Pd
NIP. 19620202 199303 1 012                                     NIP. 19780917 200902 2 001











No comments:

Post a Comment